PROFIL DOSEN PROGRAM SARJANA PG PAUD FKIP UPY
- Identitas
| Nama | : Novianti Retno Utami, M.Pd |
| NIDN | : 0518118801 |
| NIS | : 19881118 201805 2 014 |
| Agama | : Islam |
| Bidang Keahlian | : Pendidikan Anak Usia Dini |
| Riwayat Pendidikan | : S1- PG PAUD Universitas Muhammadiyah Magelang, Tahun Lulus 2013 |
| S2- PAUD Universitas Negeri Jakarta, Tahun 2016 |
- Unit Kerja
| Fakultas | : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
| Program | : Program Sarjana PG PAUD |
| Golongan | : IIIB |
| Jabatan | : Kaprosa |
- Contact
| : [email protected] | |
| No Telepon | : 085826611009 |
| Facebook/Twitter/Instagram | : Novianti |
- Bidang Pendidikan
Mata Kuliah yang Diampu
| No | Mata Kuliah | SKS | Semester |
| 1. | Seni Rupa AUD | 3 | 2 |
| 2. | Asesmen AUD | 4 | 3 |
| 3. | Kreativitas AUD | 2 | 3 |
| 4. | Bermain | 4 | 3 |
| 5. | Konsep Dasar Sains AUD | 2 | 4 |
| 6. | Pengembangan Emosional AUD | 3 | 4 |
| 7. | Konsep Dasar Matematika AUD | 2 | 5 |
- Bidang Penelitian
| No | Judul Penelitian | Tahun | Sumber Dana | Status |
| 1. | Pengaruh Model Pembelajaran Jan Lighthart Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 2 SDIT Al Muhajirin Sawangan | 2012 | Mandiri | Ketua |
| 2. | Pengembangan Instrumen Kecerdasan Emosional untuk Anak Usia 5-6 Tahun | 2016 | Mandiri | Ketua |
| 3. | Pengembangan Model Pembelajaran Pitutur Luhur Berbasis Multirepresentasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun | 2019 | DRPM | Ketua |
| 4. | Pengembangan Model Pembelajaran Kearifan Lokal Berbasis Multirepresentasi untuk Meningkatkan Karakter Siswa Usia 5-6 Tahun | 2019 | DRPM | Ketua |
- Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat
| No | Judul Pengabdian | Tahun | Sumber Dana | Status |
| 1. | Pelatihan Pengembangan Strategi Pembelajaran Literasi Awal pada Guru Taman Kanak-Kanak | 2018 | LPPM UPY | Ketua |
| 2. | Pemberdayaan Orangtua dalam Pendidikan Anak Berbasis Multiple Intelligences di TK ABA Patangpuluhan Yogyakarta | 2020 | LPPM UPY | Anggota |
- Publikasi Ilmiah
| No | Judul | Nama Terbitan | No/Tahun |
| 1. | Pengaruh Model Pembelajaran Jan Lighthart Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 2 SDIT Al Muhajirin Sawangan | Repository UPY | 2017 |
| 2. | Pengembangan Instrumen Kecerdasan Emosional Usia 5-6 Tahun | Jurnal Pelita PAUD TKIP Muhammadiyah Kuningan | Vol.4. No 1, tahun 2019 |
| 3. | CERITA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DI LEMBAGA PAUD YOGYAKARTA | Tunas Cendekia Jurnal Prodi PIAUD IAIN Palopo | Vol. 2 No 2 tahun 2019 |
| 4. | PELATIHAN PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LITERASI AWAL PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK | Jurnal Berdaya Mandiri LPPM UPY | Vol. 1. No 1, tahu 2019 |
| 5. | Pengembangan Model Multisensori Berbasis Teknologi Multimedia Untuk Stimulasi Kemampuan Literasi Anak 5-6 Tahun | Jurnal Pelita PAUD TKIP Muhammadiyah Kuningan | Vol.4. No 1, tahun 2019 |
| 6. | MODEL PEMBELAJARAN PITUTUR LUHUR BERBASIS MULTIREPRESENTASI SEBAGAI PEMBENTUK KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5 – 6 TAHUN (Studi Analisis Kebutuhan pada Guru Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Bantul Yogyakarta) | Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi | Vol.3. No 2, tahun 2019 |
| 7. | DEVELOPING A MULTIREPRESENTATION LEARNING MODEL BASED ON LOCAL WISDOM TO TRANSFORM CHARACTER FOR STUDENTS OF 5-6 YEARS OLD | ECEDJ Universitas Sebelas Maret | Vol. 1 No 2 Tahun 2019 |




